Sabtu, 09 Juni 2012

CARA MUDAH BELAJAR AL-QUR'AN


Cara MudahBelajar Al-Quran
Setiap Muslim yang baik, sudahpasti, inginmengenal Al-Quran denganlebihbaikdanlebihdalam.Jangansampaipengenalan Al-Quran padawaktu SD samadenganwaktukuliah. Yang belumbisamembacanya, misalnya, inginbisamendaras, bahkansecaratartildenganmengindahkanhukumtajwid.Yang sudahbisamembacadenganbaiktetapibelummenguasaibahasa Arab, tentuinginmengetahuiartinyalewatterjemahan-umumnyaterjemahanDepartemen Agama.Yang sudahmengetahuiartinyalewatterjemahan per ayat, tentuinginlebihbaiklagijikamengetahuiarti kata per kata, satu per satu.Nah, untukkeperluanterakhirinilahMushaf An-NurdihadirkankehadapanAnda.
Mushaf An-Nuradalah Al-Quran edisiterjemahan per kata.Maknatiap-tiap kata dalamsuatuayatakandiuraikansatu per satu. Denganmemahamiarti kata per kata-mengingatbanyakterjadipengulangan kata di dalam Al-Quran-lambatlaunAndaakanmemahamiartikosa kata Al-Quran secarabertahap. Dan denganmemahamiartikosa kata Al-Quran, Andaakanlebihmudahmemahamiartikeseluruhanayat. Inimerupakanlangkah yang mudahdanberkelanjutanmenujupemahaman Al-Quran yang lebihbaik.
ArtikelTerkait
Berbicaratentangpemahamanakanmakna Al-Quran, tentutidakbisadilepaskandaripengenalanakanbahasa Arab. Olehsebabitu, Mushaf An-Nurmemberikanduafasilitas yang memudahkanAndamengenaliungkapan-ungkapanbahasaQurani.Pertama, terdapat KOTAK BAHASA di banyakhalaman yang memperkenalkansecararingkasdanmudahjenisdanpola kata dalam Al-Quran.Kedua, terdapat LAMPIRAN KAIDAH BAHASA ARAB yang memberikanwawasanumumtentangstrukturbahasa Arab Qurani-misalnyajenis kata kerjadan kata bendaberikutcontoh-contohkalimatnyadalam Al-Quran.
Dengandemikian, Andadibimbinguntuk:
  • Mengenaliarti kata per kata, satu per satu
  • Mengenalipolaungkapanbahasa Al-Quran
  • Mengenalimaknaayatsecarakeseluruhan
Dan itusemuadapatAndalakukan-jikaAndabersungguh-sungguhmendarasdanmenelaah Al-Quran secararutin-secaramudah, bertahap, danberkesinambungan.
Jadi, kalauAndainginsecaramudahdalammempelajari Al-Quran denganmemahamipola-polabahasa Arab Qur'ani, saatnyalahAndamenelaahMushaf An-Nur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar