Pada Satuan Pendidikan SMP, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam,
ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal
yang relevan.
4. Kelompok
mata pelajaran Estetika bertujuan; membentuk karakter peserta didik menjadi
manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan
muatan lokal yang relevan.
5. Kelompok
mata pelajaran jasmani, Olah Raga dan Kesehatan bertujuan; membentuk karakter
peserta didik agar sehat jasmani dan
rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu
pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan
pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.
Pendidikan
Agama Islam
1.
Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an
menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al-Syamsiyah dan “Al-qomariyah
sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
2. Meningkatkan
pengenalan dan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman
kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
serta Asma’ul Husna.
3. Menjelaskan
dan membiasakan perilaku terpuji seperti
qana’ah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari
perilaku tercela seperti ananiah, hasad,
ghadab, dan namimah.
4. Menjelaskan
tata cara mandi wajib dan shalat-shalat
munfarid dan jama’ah baik shalat
wajib maupun shalat sunnah.
5. Memahami
dan meneladani Sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan
sejarah masuk dan berkembangnya Islam
di nusantara.
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
1. Memahami
dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Menjelaskan
makna proklamasi kemerdekaan republik Indonesia sesuai dengan nuansa kebatinan
konstitusi pertama
3. Menghargai
perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4. Menampilkan
perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945.
5. Menunjukkan
sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6. Menjelaskan
makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah.
7. Menunjukk
sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8. Memahami
prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
3.
Bahasa
Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara,
pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,
khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra benbentuk dongeng, puisi,
drama, novel remaja, sya’ir, kutipan, dan sinopsis novel.
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,
perasa’an, informasi, pengalaman,
pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara,
presentasi laporan diskusi, protokoler,
dan pidato serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel
remaja, puisi, dan drama.
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami
berbagai bentuk wacana tulis, dan
berbagai karya
sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antalogi puisi,
novel dari berbagai angkatan.
4.
Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis
untuk mengugkapkan pikiran, perasa’an, dan informasi dalam bentuk buku harian,
surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks
berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana,
pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng,
puisi, drama, dan cerpen.
4. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan
Memahami makna dalamr wacana lisan interpersonal dan
transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal sederhana, secara formal
maupun
informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam jonteks kehidupan
sehari-hari.
3. Membaca
Memkahami makna dalam wacana tertulis interpersonal
dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal sederhana, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report,
dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
5.
Matematika
1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung
dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan
sederhana (barisan aritmatika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
2. Memahami konsep aljabar meliputi:bentuk
aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linier dan
penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, fungsi dan grafiknya, sistem
persamaan linier dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur
dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis,
sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga)
dan segi empat, teorema pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran
luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok prisma, limas
dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4. Memahami konsep data, pengumpulan data dan
penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata
hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5. Memahami konsep ruang sampel, dan peluang
kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan.
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama.
6.
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.
Melakukan pengamatan dengan peralatan yang
sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur , mencatat hasil pengamatan dan
pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya
secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2.
Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi
keanekaragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling
ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3.
Memahami sistem organ pada manusia dan
kelangsungan makhluk hidup.
4.
Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk,
sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
5.
Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran,
gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Memahami sistem tata surya dan proses yang
terjadi di dalamnya.
7.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1. Memahami keanekaragaman bentuk muka bumi,
proses pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan.
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi
dalam pembentukan kepribadian manusia.
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta
menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di
geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintah sejak Pra-Aksara, Hindu, Budha, sampai masa Kolonial
Eropa.
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan
permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7. Memahami proses kebangkitan nasional, upaya
persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
8. Mendeskripsikan perubahan sosial -budaya dan
tipe-tipe prilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat,
dan upaya pencegahannya.
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan
bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi ats benua dan samudera,
keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan
berkembang.
10.
Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional,
kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan
internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11.
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial
dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12.
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk
mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
8.
Seni
Budaya
Seni Rupa
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah
setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa terapan melalui gambar /lukis, karya seni grafis dan kriya seni tekstil
batik daerah Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara.
Sini Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu mancanegara secara
perseorangan dan berkelompok
Seni Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari daerah
setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara.
Seni Teater
1. Mengapresiasi
dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater
daerah setempat.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater Nusantara.
4.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
teater tradisional, modern dan kreatif terhadap
keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan
mancanegara.
9.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1.
Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.
Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat
dan tanpa alat.
3.
Mempraktekkan teknik renang gaya dada, gaya
bebas, dan gaya punggung.
4.
Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis
latihan beban menggunakan alat sederhana.
5.
Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas
seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
6.
Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta
menjauhi narkoba.
10.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
1. Memahami
pengguna teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2. Menguasai
dasar-dasar ketrampilan komputer.
3. Menggunakan
perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4. Memahami
prinsip dasar internet/intranet dan
menggunakannya untuk memperoleh informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar