BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
SMP NEGERI 1 ARJAWINANGUN
A. Mata
Pelajaran aranpada set
Struktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang htempuh
oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan Kur ilumpada
setiap mata pelaja ran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam
kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuaidengan beban belajar
yangtercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar
kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan
kegiatan integrel da ri struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah.
Struktur Kurikulum
SMP Negeri 1 Arjawinangun
Karena SMP Negeri 1 Arjawinangun telah
ditetapkan sebagai SMP-RSBI maka untuk
tahun pelajaran 2011/2012 masih memiliki dua macam kelas, yaitu; kelas RSBI dan
kelas Regular. Dan struktur kurikulum SMP Negeri 1 Arjawinangun meliputi
substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga
tahun mulai kelas VII sampai dengan kelas IX. Struktur Kurikulum disusun
berdsarkan standar kompetensi lulu san
dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
a.
Kurikulum SMP Negeri 1 Arjawinangun memuat 10
mata pelajaran, muatan lokal, muatan sekolah, dan pengembangan diri seperti
tertera pada Tabel 1;
b.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP
Negeri 1 Arjawinangun merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpada”.
c.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran
dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
d.
Untuk kelas RSBI, struktur kurikulum dapat
dilihat pada Tabel 1b.
e.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45
menit.
f.
Minggu effektif dalam satu tahun pelajaran (dua
semester) adalah 38 minggu.
Tabel 1a
Struktur Kurikulum
Kelas Reguler SMP Negeri 1 Arjawinangun
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
1. Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
6
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
6
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
6
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
6
|
7.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
6
|
8.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
pendidi kan Jasmani, Oahraga dan kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
A.
Muatan Lokal
1.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
|
6
(2)
|
6
(2)
|
6
(2)
|
2.
Pendidikan Bahasa Ci rebon
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
3.
Pendidikan Budi Pekerti
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
4.
Baca Tulis Al-Qur’an
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
B. Pengembangan
Diri
1. Kegiatan
Rutin
2. Kegiatan
Spontan
3. Kegiatan
Terprogram
4. Kegiatan
Keteladanan
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
jumlah
|
40
|
40
|
46
|
2*) Ekuivalen 2 jam Pembelajaran
Struktur Kurikulum
Kelas Bilingual SMP Negeri 1
Arjawinangun
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
B.
Mata Pelajaran
1. Pendidikan
Agama
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
8
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
8
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
8
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
8
|
7.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
pendidi kan Jasmani, Oahraga dan kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
11.
Pendidikan Teknologi Dasar
|
2
|
2
|
2
|
A. Muatan
Lokal
1.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
|
8
(2)
|
8
(2)
|
8
(2)
|
2.
Pendidikan Bahasa Ci rebon
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
3.
Pendidikan Budi Pekerti
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
4.
Baca Tulis Al-Qur’an
|
(2)
|
(2)
|
(2)
|
B. 1.
Bahasa Jepang
2. Seni
Tari Topeng
3. Web
Design
|
2
2
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
C. Pengembangan
Diri
1.
Kegiatan Rutin
2.
Kegiatan Spontan
3.
Kegiatan Terprogram
4.
Kegiatan Keteladanan
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
52
|
52
|
60
|
2*) Pendidikan Agama Islam + Keputrian dan Kajian agama
setiap Jum’at
2**) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Standar Kempetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas
mata Pelajaran:
1.
Agama dan akhlak Mulia;
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.
Estetika;
5.
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata
Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau
kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni;
1.
Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
bertujuan : membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu
pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2.
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan
Kepribadian bertujuan; membentuk peserta
didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan
ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia,
kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
3.
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi bertujuan; mengembangkan logika, kemampuan berfikir dan analisis
peserta didik.
Pada
Satuan Pendidikan SMP, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi
informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
4. Kelompok
mata pelajaran Estetika bertujuan; membentuk karakter peserta didik menjadi
manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan
muatan lokal yang relevan.
5. Kelompok
mata pelajaran jasmani, Olah Raga dan Kesehatan bertujuan; membentuk karakter
peserta didik agar sehat jasmani dan
rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu
pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan
pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.
Pendidikan
Agama Islam
1. Menerapkan
tata cara membacaAl-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca
“Al-Syamsiyah dan “Al-qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan
waqaf.
2.
Meningkatkan pengenalan dan dan keyakinan
terhadap aspek-aspek rukun
iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman
kepada Qadha dan Qadar serta Asma’ul Husna.
3.
Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji
seperti qana’ah dan tasawuh dan
menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab, dan namimah.
4.
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jama’ah baik shalat wajib maupun shalat
sunnah.
5.
Memahami dan meneladani Sejarah Nabi Muhammad dan
para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
1.
Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap
norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara.
2.
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
republik Indonesia sesuai dengan nuansa kebatinan konstitusi pertama
3.
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam
mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4.
Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
5.
Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan
kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6.
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan
antara pemerintah pusat dan daerah.
7.
Menunjukk sikap kritis dan apresiatif terhadap
dampak globalisasi.
8.
Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai
dengan keindividuannya.
3.
Bahasa
Indonesia
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara,
pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,
khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra benbentuk dongeng, puisi,
drama, novel remaja, sya’ir, kutipan, dan sinopsis novel.
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,
perasa’an, informasi, pengalaman,
pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara,
presentasi laporan diskusi, protokoler,
dan pidato serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel
remaja, puisi, dan drama.
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami
berbagai bentuk wacana tulis, dan
berbagai karya
sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antalogi puisi,
novel dari berbagai angkatan.
4. Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis
untuk mengugkapkan pikiran, perasa’an, dan informasi dalam bentuk buku harian,
surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks
berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana,
pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng,
puisi, drama, dan cerpen.
4.
Bahasa
Inggris
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalamr wacana lisan interpersonal dan
transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal sederhana, secara formal
maupun
informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam jonteks kehidupan
sehari-hari.
3.
Membaca
Memkahami makna dalam wacana tertulis interpersonal
dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal sederhana, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report,
dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
5. Matematika
1.
Memahami konsep bilangan real, operasi hitung
dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan
sederhana (barisan aritmatika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
2.
Memahami konsep aljabar meliputi:bentuk aljabar
dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya,
himpunan dan operasinya, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linier dan
penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
3.
Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan
sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut
(melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan
segi empat, teorema pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran
luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok prisma, limas
dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.
Memahami konsep data, pengumpulan data dan penyajian
data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung,
modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.
Memahami konsep ruang sampel, dan peluang
kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan.
7.
Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama.
6. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan
pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur
, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai,
membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai
dengan bukti yang diperoleh.
2. Memahami
keanekaragaman hayati, klasifikasi keanekaragamannya berdasarkan ciri,
cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di
dalam ekosistem.
3. Memahami
sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
4. Memahami
konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan
kegunaannya.
5. Memahami
konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
6. Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
1.
Memahami keanekaragaman bentuk muka bumi, proses
pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan.
2.
Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian manusia.
3.
Membuat sketsa dan peta wilayah serta
menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di
geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5.
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintah sejak Pra-Aksara, Hindu, Budha, sampai masa Kolonial
Eropa.
6.
Mengidentifikasikan upaya penanggulangan
permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7.
Memahami proses kebangkitan nasional, upaya
persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
8.
Mendeskripsikan perubahan sosial -budaya dan
tipe-tipe prilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat,
dan upaya pencegahannya.
9.
Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi
berkenaan dengan pembagian permukaan bumi ats benua dan samudera, keterkaitan
unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10. Mendeskripsikan
perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran
Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya
terhadap perekonomian Indonesia
11. Mendeskripsikan
manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan
ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12. Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan
distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
8. Seni Budaya
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah
setempat.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa terapan melalui gambar /lukis, karya seni grafis dan kriya seni tekstil
batik daerah Nusantara.
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara.
Sini Musik
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok.
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik lagu mancanegara secara
perseorangan dan berkelompok
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari daerah
setempat.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari
tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara.
Seni Teater
1.
Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah
tubuh, pikiran dan suara.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
teater terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater daerah setempat.
teater Nusantara.
4. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni teater
tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara.
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2. Mempraktekkan
senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3. Mempraktekkan
teknik renang gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4. Mempraktekkan
teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5. Mempraktekkan
kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar dan piknik.
6. Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan, mengenal berbagai penyakit
dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba.
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.
Memahami pengguna teknologi informasi dan
komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2.
Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer.
3.
Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah
angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4.
Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar