Sabtu, 09 Juni 2012

STRUKTUR KURIKULUM MUATAN LOKAL


BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
SMP NEGERI 1 ARJAWINANGUN
A.      Mata Pelajaran aranpada set
Struktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang htempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan Kur ilumpada setiap mata pelaja ran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuaidengan beban belajar yangtercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan kegiatan integrel da ri struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Arjawinangun
Karena SMP Negeri 1 Arjawinangun telah ditetapkan sebagai  SMP-RSBI maka untuk tahun pelajaran 2011/2012 masih memiliki dua macam kelas, yaitu; kelas RSBI dan kelas Regular. Dan struktur kurikulum SMP Negeri 1 Arjawinangun meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai dengan kelas IX. Struktur Kurikulum disusun berdsarkan standar  kompetensi lulu san dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
a.       Kurikulum SMP Negeri 1 Arjawinangun memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, muatan sekolah, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 1;
b.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP Negeri 1 Arjawinangun merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpada”.
c.       Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
d.      Untuk kelas RSBI, struktur kurikulum dapat dilihat pada Tabel 1b.
e.      Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
f.        Minggu effektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 38 minggu.
Tabel 1a
Struktur Kurikulum Kelas Reguler SMP Negeri 1 Arjawinangun
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A.      Mata Pelajaran
1.       Pendidikan Agama

2

2

2
2.       Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.       Bahasa Indonesia
4
4
6
4.       Bahasa Inggris
4
4
6
5.       Matematika
4
4
6
6.       Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
6
7.       Ilmu  Pengetahuan Sosial
4
4
6
8.       Seni Budaya
2
2
2
9.       pendidi kan Jasmani, Oahraga dan kesehatan
2
2
2
10.   Teknologi  Informasi dan Komunikasi
2
2
2
A.         Muatan Lokal
1.       Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
6
(2)
6
(2)
6
(2)
2.       Pendidikan Bahasa Ci rebon
(2)
(2)
(2)
3.       Pendidikan Budi Pekerti
(2)
(2)
(2)
4.       Baca Tulis Al-Qur’an
(2)
(2)
(2)
B.      Pengembangan Diri
1.       Kegiatan Rutin
2.       Kegiatan Spontan
3.       Kegiatan Terprogram
4.       Kegiatan Keteladanan
2*)
2*)
2*)
jumlah
40
40
46

2*) Ekuivalen 2 jam Pembelajaran
Struktur Kurikulum Kelas Bilingual  SMP Negeri 1 Arjawinangun
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
B.      Mata Pelajaran
1.       Pendidikan Agama

2*)

2*)

2*)
2.       Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.       Bahasa Indonesia
4
4
8
4.       Bahasa Inggris
4
4
8
5.       Matematika
4
4
8
6.       Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
8
7.       Ilmu  Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.       Seni Budaya
2
2
2
9.       pendidi kan Jasmani, Oahraga dan kesehatan
2
2
2
10.   Teknologi  Informasi dan Komunikasi
2
2
2
11.   Pendidikan Teknologi Dasar
2
2
2
A.      Muatan Lokal
1.       Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
8
(2)
8
(2)
8
 (2)
2.       Pendidikan Bahasa Ci rebon
(2)
(2)
(2)
3.       Pendidikan Budi Pekerti
(2)
(2)
(2)
4.       Baca Tulis Al-Qur’an
(2)
(2)
(2)
B.      1. Bahasa Jepang
2.       Seni Tari Topeng
3.       Web Design
2
2
2
2
2
2
2
2
2
C.      Pengembangan Diri
1.       Kegiatan Rutin
2.       Kegiatan Spontan
3.       Kegiatan Terprogram
4.          Kegiatan Keteladanan
2*)
2*)
2*)
Jumlah
52
52
60

2*) Pendidikan Agama Islam + Keputrian dan Kajian agama setiap Jum’at
2**) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Standar Kempetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas mata Pelajaran:
1.       Agama dan akhlak Mulia;
2.       Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.       Estetika;
5.       Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni;
1.       Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan : membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2.       Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan;  membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
3.       Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan; mengembangkan logika, kemampuan berfikir dan analisis peserta didik.
Pada Satuan Pendidikan SMP, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi  informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
4.  Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan; membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5.  Kelompok mata pelajaran jasmani, Olah Raga dan Kesehatan bertujuan; membentuk karakter peserta  didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.          Pendidikan Agama Islam
1.       Menerapkan tata cara membacaAl-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al-Syamsiyah dan “Al-qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
2.       Meningkatkan pengenalan dan dan keyakinan terhadap aspek-aspek  rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar serta Asma’ul Husna.
3.       Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti  qana’ah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab, dan namimah.
4.       Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jama’ah baik shalat wajib maupun shalat sunnah.
5.       Memahami dan meneladani Sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.
2.          Pendidikan Kewarganegaraan
1.       Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.       Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan republik Indonesia sesuai dengan nuansa kebatinan konstitusi pertama
3.       Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4.       Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
5.       Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6.       Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah.
7.       Menunjukk sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8.       Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
3.          Bahasa Indonesia
1.    Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra benbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, sya’ir, kutipan, dan sinopsis novel.
2.    Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasa’an, informasi, pengalaman,
pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi  laporan diskusi, protokoler, dan pidato serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama.
3.    Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan
 berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antalogi puisi, novel dari berbagai angkatan.


4.    Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengugkapkan pikiran, perasa’an, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, dan cerpen.
4.       Bahasa Inggris
1.    Mendengarkan
Memahami makna dalamr wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.    Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal sederhana, secara formal
 maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
3.    Membaca
Memkahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam jonteks kehidupan sehari-hari.
4.    Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis  dalam wacana interpersonal sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam jonteks kehidupan sehari-hari.

5.       Matematika
1.    Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmatika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2.    Memahami konsep aljabar meliputi:bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linier dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
3.    Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.    Memahami konsep data, pengumpulan data dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.    Memahami konsep ruang sampel, dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6.    Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
7.    Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama.
6.       Ilmu Pengetahuan Alam
1.    Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur , mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2.    Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keanekaragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3.    Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
4.    Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
5.    Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya  dalam kehidupan sehari-hari.
6.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

7.       Ilmu Pengetahuan Sosial
1.    Memahami keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan.
2.    Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3.    Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.    Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5.    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintah sejak Pra-Aksara, Hindu, Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6.    Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7.    Memahami proses kebangkitan nasional, upaya persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8.    Mendeskripsikan perubahan sosial -budaya dan tipe-tipe prilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya.
9.    Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi ats benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10.   Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11.   Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12.   Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
8.       Seni Budaya
Seni Rupa
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar /lukis, karya seni grafis dan kriya seni tekstil batik  daerah Nusantara.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.
Sini Musik
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara  secara perseorangan dan berkelompok
Seni Tari
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan /kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara.
Seni Teater
1.    Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni
     teater daerah setempat.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni
 teater Nusantara.
4.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater  tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara.
9.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1.    Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.    Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3.    Mempraktekkan teknik renang gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4.    Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5.    Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
6.    Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai  penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba.
10.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.    Memahami pengguna teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2.    Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer.
3.    Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4.    Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar